Alasan Anda Harus Bekerja Sebelum Memulai Usaha Pribadi

Apakah usaha Anda bergerak dalam bidang IT, desain, kuliner, penjualan barang, jasa atau usaha lainnya. Usaha yang akan Anda mulai ini tidak harus sesuai dengan bidang atau ilmu yang dikuasai, jika memang iya itu adalah nilai plus saja. Kuncinya adalah mau belajar, kerja keras dan pantang menyerah. “Saya selalu suka bereksperimen dan membangun berbagai hal dan menjadi pengusaha memungkinkan saya melakukannya,” tutupnya. Jika Anda ingin memulai bisnis dan menjadi sukses, Anda harus cukup berani untuk menjalankan ide-ide Anda. Eksekusi adalah segalanya dalam bisnis; ide tanpa tindakan sama saja dengan tidak ada.

Percayalah, kerja kerasmu pasti akan membuahkan hasil suatu. Jadi, jangan tunggu nanti, bisnis itu untuk dilakukan dan dimulai, bukan hanya untuk direncanakan. Itulah tadi kisah nyata pengusaha sukses yang menginspirasi dalam merintis usaha dari nol, mulai dari mantan gelandangan bernama John Paul Dejoria. Tentunya banyak hal dan nilai-nilai yang bisa kita petik dari kisahnya ini. Hasil tequila yang dijual saat itu harganya 37 USD dan menjadi produk premium kalangan kelas atas.

Memulai usaha dari bawah

Likuidasi saham ke dalam bentuk uang biasa disebut sebagai exit. Keberhasilan restoran di tahun ke-1 membuat ABC (Andi, Bobi, Cecep… supaya singkat) ingin melakukan ekspansi membuka cabang baru di mal. Setelah dihitung-hitung modal membuka cabang di mal butuh biaya Rp 1 miliar. Maka mereka bersepakat untuk bermitra mendirikan restoran dan membentuk badan usaha bernama PT Kuliner. Andi bertanggungjawab sebagai chef dan memimpin operasional restoran. Bobi memodali uang Rp 100 juta untuk menyewa ruko, membeli peralatan masak, biaya operasional dll.

Tak hanya membayarkan dengan beras atau makanan pokok, umat Muslim juga diperbolehkan membayar zakat fitrah dalam bentuk uang tunai seharga 2,5 kilogram atau three,5 liter beras. Siapapun umat Muslim yang memenuhi syarat-syarat wajib zakat fitrah tersebut maka diwajibkan untuk membayarkan zakat. Untuk anak-anak bisa diwakilkan oleh orang tua dalam pembayarannya. Mempunyai harta yang lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang di bawah tanggungan pada hari raya dan malamnya. Menurut LaNyalla, pelaku UMKM akan sangat terbantu dengan kebijakan tersebut.

Setiap bisnis akan mempunyai masing-masing kesulitan yang perlu dilalui di awal untuk mencapai kesuksesan. Kesulitan untuk memulai bisnis baru ini memang tidak boleh dianggap sepele, banyak yang tidak bisa melalui masa awal bisnis yang baru dibangun dan berakhir dengan bangkrut. Itulah mengapa kamu yang berminat memulai bisnis sebaiknya sedari dini mewaspadai berbagai kesulitan tersebut sebelum menghadapinya.

Co-founder dari @aktivaku, @bugaragaid dan @sapikate, juga fotografer stage amatir. Tanpa iman yang kuat, calon pengusaha akan menjadi gampang menyerah dan tidak percaya diri. Tanpa iman yang baik maka usaha yang dijalankan kemungkinan tidak bisa bertahan lama. Ini modal paling dasar sebenarnya, dan sekaligus paling dibutuhkan dalam memulai usaha. Kembali lagi, untuk memperoleh sumber daya penting tersebut, ada modal berupa kerja keras dan kemauan yang kuat untuk mencarinya, tidak bisa hanya dengan berdiam diri.

Meskipun Anda memulai usaha baru dengan modal, bahan baku dan produksi yang masih sedikit, Anda sudah harus mengelola keuangan dengan baik. Manajemen keuangan tidak dilakukan ketika usaha sudah tumbuh dan besar. Pengelolaan keuangan bisnis yang dilakukan sejak awal akan mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis. Latih diri Anda untuk mencatat segala transaksi yang dilakukan baik sebelum maupun setelah penjualan.

Maka dari itu, mereka pun sangat pandai dalam menginvestasikan uang mereka, baik itu dalam bentuk saham, hingga reksadana. Zodiak ini merasa bahwa cara tersebut adalah cara terbaik dalam menyimpan uang mereka. Pisces (19 Februari – 20 Maret) Terkesan diam dan tak mau pamer, zodiak ini sebenarnya memiliki portofolio yang mengejutkan. Diam-diam Pisces menginvestasikan uang hasil kerja keras mereka ke pasar saham.

Pertama, mereka yang melanjutkan bisnis keluarga dan dimodali orang tua. Sederet pengusaha telah membuktikan bahwa mereka bisa membangun bisnis sukses dengan merintisnya dari bawah. Namun sepertinya deretan nama saja belum cukup meyakinkan para calon pebisnis lainnya untuk segera memulai usaha. Masih banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk menjadi pebisnis karena menyimpan segudang keraguan. Dia juga mengaku senang melakukan eksperimen dan mencoba berbagai hal.