Ideas Sukses Memulai Bisnis Kost

Sehingga complete pendapatan kotor perkiraan per bulan adalah four juta s/d 7,5 juta rupiah . Atau bersihnya setelah dikurangi operasional sekitar 3 juta s/d 5 juta rupiah “saja”. Sudah untung dari valuasi propertinya, sementara worth di sewa bisa untuk cantolan hidup.

Ini bagus untuk mengantisipasi bila kita salah langkah dalam mengelola keuangan. Soalnya, kalau uang telanjur turun semua dan ternyata bisnis amblas. Sayangnya, beli bangunan dengan duit pinjaman dari bank gak bisa pakai sertifikat rumah sebagai jaminan. Maksudnya, pasti laris manis diserbu mahasiswa dari luar daerah yang ingin tinggal dekat dengan kampus. Sementara itu, M Syarif Hidayat pelaku usaha kos Eksklusif D’Paragon menyebutkan sejak pandemi melanda Maret 2020 lalu, seluruh jaringan kos ekslusif Dparagon justru telah bersiap diri dan beradaptasi. Tommy baru saja meletakan batu pertama untuk Cozy Co-living cabang ke-enam di Kemanggisan bersama dengan rekan nya Christian Dicky, Minggu thirteen September 2020 lalu.

Situs ini akan mengajak kita memutar-mutar mencari kosan yang sesuai dengan keinginan. Ada baiknya Anda bukan hanya mencari kos-kosan lewat situs ini, tapi juga mulai usaha kos-kosan online. Berdasarkan Property Affordability Sentiment Index H1-2018, harga yang terlalu tinggi menjadi alasan kedua mengapa masyarakat Indonesia tidak segera membeli rumah. Oleh sebab itu, sebagian masyarakat lebih memilih kos-kosan sebagai tempat tinggal sementara sambil menunggu kemampuan finansial untuk membeli hunian permanen seperti rumah.

Usaha kost-kostan

Seperti yang Anda ketahui, bisnis properti di Indonesia merupakan salah satu bisnis yang cukup diminati banyak orang. Bisnis properti yang dimaksud, salah satunya adalah bisnis kos-kosan atau indekos. Bisnis ini dianggap sangat menjanjikan dan menghasilkan keuntungan. Biasanya, bisnis kos-kosan ini akan banyak Anda jumpai di wilayah industri atau bahkan instansi pendidikan. Namun, tentu saja usaha kos-kosan ini pun tidak luput dari ketentuan pajak kos-kosan.

Selain menyerahkan pendapatan tambahan untuk mereka, kehadiran anak-penyewa kost pun mampu menjadi sumber keceriaan di hidup mereka. Ada juga kisah mengenai pengelola kost yang kesudahannya menjalin hubungan bisnis dengan penyewa kost atau orang tua dari penyewa kost. Selain itu, Ada cerita kisah mengenai pengelola kost yang menjalin hubungan yang erat dengan mahasiswa dari luar negeri yang mengikuti program pertukaran pelajar. Menjalankan bisnis kos kosan tidak hanya soal uang, tetapi lebih dari itu, menjalin hubungan dengan orang lain.

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat promosi bisnis Anda. Cobalah mulai dengan promosi melalui social media atau menempel brosur di tempat makan yang biasa dikunjungi target market. Namun, Tukul tidak menampik bahwa ada penyewa yang meminta keringanan. Ia memberikan keringanan dengan melihat dulu kondisi si penyewa. OnlinePajak adalah merek terdaftar dan hak cipta dari PT Achilles Advanced Systems. Anda akan punya lebih banyak waktu untuk fokus dalam mengembangkan bisnis.