Ini Izin Yang Harus Dimiliki Pemilik Kost

Meskipun di awal membutuhkan modal besar, namun perputaran uang di bisnis ini sangat cepat dan modal bisa kembali dalam waktu singkat. Misalnya, Anda ingin membangun kamar kos 10 pintu dengan luas kamar 4×4 meter persegi dengan kamar mandi dalam. Anda bisa lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga sewa, seperti harga rata-rata dan fasilitas yang dimiliki kompetitor. Untuk biaya yang dikeluarkan, Anda bisa simak dibagian rincian biaya kos-kosan.

Usaha kost-kostan

Anda dapat menyediakan layanan wifi free of charge, layanan laundry, layanan catering, dsb untuk meningkatkan daya tarik saat memulai bisnis kost-kostan. Anda dapat menghandle sendiri sebagai bisnis tambahan atau menggandeng pebisnis lainnya. Banyaknya pendatang yang terus meningkat setiap tahunnya membuat bisnis kost-kostan semakin berkembang belakangan ini. Setelah 11 tahun menjalani bisnis tersebut, ia telah melunasi cicilan dari bank yang sebelumnya digunakan untuk membangun rumah kos. Hery mulai membuat kos-kosan dengan membeli tanah seluas 220 meter persegi. Harga tersebut termasuk murah dibandingkan rata-rata harga tanah di BSD sekitar Rp 1,7 juta permeter persegi.

Tentunya hanya sedikit dari mereka yang memiliki rumah tinggal di Bali, jadi satu-satunya pilihan adalah tinggal di kost-kostan. Jadi, bisa dipahami bahwa bisnis kos-kosan yang dikenai pajak adalah usaha kos dengan skala yang cukup besar, yaitu memiliki jumlah kamar lebih dari sepuluh. Sementara untuk jumlah kamar yang kurang dari sepuluh, tetap dikenakan kewajiban pajak yang diatur pada PPh Pasal 4 Ayat 2.

Dan mampu memberikan keuntungan untuk aset masa depan Anda. Rumah kost juga memiliki nilai investasi yang tinggi, dan bisa diperjualbelikan atau dibuat bisnis. Sangat sedikit yang menyesal ketika sudah memiliki rumah kost kostan.

Selain itu, hal ini tentu akan menjadi keluhan dari para penyewa. Dilihat dari sisi entrepreneur, kosan cukup menggiurkan dijadikan bisnis. Pasalnya, dengan membangun beberapa kamar dan fasilitas yang memadai, Anda bisa memperoleh penghasilan tanpa kerja lebih. pendapatan dari bisnis kos bersifat rutin dan jangka panjang, sebab tiap bulan Anda bakal menerima penghasilan dari hasil sewa kos. Jangka masa-masa sewa kos juga lumayan lama, dapat mencapai sejumlah tahun. Hal ini diakibatkan karena mayoritas penyewa kost ialah mahasiswa yang merantau dari kota lain.

Dalam menjalankan usaha lokasi tinggal kost memang tidak banyak lebih rumit dibanding mengkontrakan rumah, bakal tetapi penghasilan yang didapatkan juga setimpal dengan pengorbanan yang Anda sudah lakukan. penghasilan dari menjalankan usaha kost jauh lebih tinggi dibanding mengkontrakan rumah, terlebih bila Anda menyediakan kemudahan tambahan laksana yang sudah kami uraikan di atas. Bisnis rumah kost-kostan akan memberikan peluang bisnis lain. Peluang bisnis yang bisa didapatkan dari investasi rumah kost adalah menyediakan jasa laundry, atau kantin yang bisa anda jaga sendiri. Jasa–jasa tersebut merupakan peluang usaha yang berpotensi untuk mendapatakan untung yang dapat anda andalkan. Investasi rumah kost ini merupakan investasi yang tidak akan pernah rugi, karena harganya tidak pernah mengalami penurunan.

Meskipun saat ini posisi Anda adalah sebagai pekerja kantoran sekalipun. Dengan memiliki usaha sampingan seperti ini, dijamin bisa menjadi tambahan penghasilan atau bahkan hasilnya bisa lebih besar dari gaji Anda di kantor. Usaha kos yang dijalaninya bermula ketika dirinya memiliki tanah di tempat D’Modern Kos berdiri sekarang.

Menariknya, hunian sewa ini memiliki roof top dengan furnitur klasik sehingga memberikan kesan mewah dan Instagramable. Spot ini cocok sekali untuk kaum muda yang senang nongkrong dengan suasana asyik ataupun sekadar menghabiskan waktu untuk bersantai saja. Selain itu, biaya listrik juga ditanggung oleh pengelola sehingga penghuni tak perlu lagi pusing untuk membayar tagihan setrum.