Hasil Survei Ui, Dosen Dan Mahasiswa Ui Pilih Metode Pembelajaran Bauran Untuk Semester Depan Universitas Indonesia

Kondisi seperti itulah yang menjadi pertimbangan tersendiri jika terus dilakukan pembelajaran secara daring, karena semua fasilitas yang ada tidak merata dan adanya ketimpangan yang sangat mencolok antara satu daerah dengan daerah lainnya. Berbeda dengan teman sekelasnya, Cut Fika Listya malah mengeluhkan sinyal internet yang tidak stabil ketika sedang mengikuti perkuliahan secara daring, sehingga banyak materi yang tidak dipahaminya akibat terputusnya jaringan internet. Saat ini semua pihak, terutama tenaga kesehatan, relawan, serta para ilmuan bekerja keras untuk mengatasi pandemi. Namun hingga kini, memang belum ada terobosan besar, seperti vaksin atau tanda virusnya akan melemah. Nah, efek negatif yang dipaparkan di atas dipercaya akan memburuk jika pembelajaran jarak jauh tanpa tatap muka terus dilakukan. Banyak yang mengartikan pembelajaran jarak jauh sama saja dengan nggak sekolah.

“Meski prioritas kita tetap pada kesehatan dan keselamatan seluruh warga pendidikan, kita tetap tidak boleh menyerah terhadap pandemi. Kampus diharapkan dapat membuat SOP bagi mahasiswa di lingkungan kos-kosan supaya akselerasi perubahan perilaku berjalan lebih maksimal,” kata Nizam. “Dengan demikian, vaksinasi Covid-19 ini dapat mengakselerasi persiapan pembelajaran tatap muka di lingkungan pendidikan tinggi. Saya berharap seluruh warga pendidikan tinggi dapat bersabar dan terus mendukung program vaksinasi ini,” jelasnya.

Tatap muka bagi anak kuliah

SOLO, KOMPAS.TV – Universitas Sebelas Maret Solo, Jawa Tengah, siap membuka perkuliahan tatap muka. Pihak UNS masih menunggu lampu hijau dari satgas penanganan Covid-19 Kota Solo, sebelum benar-benar memulai perkuliahan tatap muka. Pendidikan dalam keluarga memang tempat pertama untuk membangun karakter anak. Namun, sekolah dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan karakter melalui pengembangan kemampuan kognitif, sosial, dan adaptasi anak.

“Perguruan tinggi juga harus membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 di perguruan tinggi untuk menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur protokol kesehatan,” tegas Nizam. Perguruan tinggi membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 di perguruan tinggi untuk menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur protokol kesehatan. Perguruan tinggi juga harus membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 di perguruan Slot Online Terpercaya tinggi untuk menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur protokol kesehatan. Apalagi jika penerapan protokol kesehatan di lokasi tempat pembelajaran belum dijamin bisa diterapkan dengan ketat, baik di dalam ataupun di luar lingkungan sekolah. Komisi Perlindungan Anak Indonesia juga meminta agar pemerintah tidak menjadikan vaksinasi guru sebagai dasar pembukaan sekolah tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

Kepercayaan diri, saling menghormati, bertanggung jawab, solidaritas, perilaku kasih sayang, tentu tidak bisa diasah secara daring. Kalaupun bisa, hasilnya tentu tidak semaksimal jika anak mempelajarinya dalam lingkungan nyata di sekolah. Asesmen dalam bentuk kuis dan tugas mandiri lainnya harus direncanakan sedemikian rupa, sehingga kualitas soal tetap memenuhi taxonomy degree yang sesuai dengan jenjang program studi.

Dalam pelaksanaannya menuntut tanggung jawab dan kedisiplinan luar biasa. “Kami siap melakukan hybrid studying atau sistem campuran, yakni kuliah tatap muka atau dalam jaringan,” terang Jamal. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dari wabah Covid-19 ini dan wabah penyakit menular lainnya, sehingga proses belajar mengajar ini bisa berlangsung dengan baik dan aman. Untuk menyikapi dualisme sikap orang tua, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi menegaskan, pihaknya akan berupaya bijak menyikapi pemenuhan hak pendidikan anak. Pemerintah disebutkan akan mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan serta tumbuh kembang dan kondisi psiko sosial anak, sebagai prioritas utama.

UIN sendiri di bawah naungan Kementerian Agama , tidak semua difasilitasi kuota free of charge. Maka sebaiknya kebijakan bagi universitas harus ditegakkan, dimana memfasilitasi kuota untuk para dosen dan mahasiswa agar perkuliahan berlangsung dengan lancar,” tuturnya. Rahma mengaku kuliah daring selain membuatnya tertekan, materi yang disampaikan juga tidak semaksimal kuliah tatap muka, serta membuatnya sakit mata karena terus berhadapan dengan layar laptop. Sementara untuk aktivitas belajar mengajar di sekolah tetap dilaksanakan secara online. “Soal vaksin wajib atau tidak sebelum pembelajaran tatap muka nanti, saya tidak tahu pasti pertimbangan medisnya, apakah kalau anak-anak harus segera divaksin dan bagaimana probabilitas penularannya.

Salah satunya Universitas Jambi yang telah resmi meliburkan mahasiswa mulai tanggal sixteen Maret 2020 sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Terdapat pada poin ke satu pada surat intruksi rektor nomor 18 tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran, layanan akademik dan layanan umum untuk pencegahan corona virus disease-19 (covid-19). Sistem kegiatan belajar mengajar telah diganti menjadi kuliah daring melalui aplikasi tertentu. Pemerintah Daerah dan Kanwil Kemenag melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan memenuhi daftar periksa protokol kesehatan dan memastikan transportasi seluruh peserta didik dan tenaga pendidik aman. Menanggapi hal tersebut perlu dilakukan inovasi agar mahasiswa yang tinggal di pelosok bisa diberi fasilitas agar bisa mengikuti perkuliahan dengan lebih efektif, tambahnya.