Jika Psbb Mulai Diterapkan Di Kota Delta, Begini Harapan Kadinkes Sidoarjo

Otoritas pekan lalu memperluas vaksinasi COVID-19 bagi semua warga negara dan penduduk berusia 16 tahun ke atas. Jelang PTM pada Juli nanti, sejumlah sekolah di Kota Bandung pun mulai melakukan simulasi dengan melibatkan siswa dalam jumlah terbatas, Senin (7/6). Salah satu sekolah yang disambangi oleh Pemkot Bandung adalah SD Santo Yusup 2 di Jalan Jawa. Oleh karena itu, Bintang mengharapkan kerja sama dari semuanya, sehingga upaya pencegahan perkawinan anak kelak dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Menurut Riris semua faktor bisa saling berkombinasi meningkatkan angka penularan. Bisa juga karena euforia ketersediaan vaksin sehingga seperti di India diperbolehkan perayaan agama dan masyarakat abai terhadap protokol kesehatan. Jakarta – Menghadapi Hari Raya Idulfitri 1442 H pemerintah memberlakukan kebijakan pelarangan mudik untuk semua warga masyarakat. Selain itu, satuan pendidikan telah melakukan pengintegrasian ketentuan protokol kesehatan ke dalam peraturan tata tertib siswa. Ditambahkannya lagi, secara umum sekolah-sekolah di Manado memang jauh lebih siap untuk belajar tatap muka. Kendati demikian, Pihak sekolah ataupun orangtua janganlah terlalu memaksakan.

Dikhawatirkan angka covid akan naik jika sekolah tatap muka

Pihaknya tidak ingin angka kasus Covid-19 terus-menerus meningkat dan muncul klaster baru dari pembukaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan alasan mengizinkan belajar tatap muka di sekolah kembali digelar saat pandemi Corona atau COVID-19. Nadiem khawatir, jika belajar tatap muka tak segera digelar, pernikahan dini bakal meningkat. Memang mekanisme uji coba PTM yang disusun sedemikian rupa oleh Pemprov DKI tidak bisa memberikan jaminan 100 persen peserta didik dan tenaga pengajar aman dari risiko terpapar virus corona. Karenanya, segera 1-2 hari ini saya akan rapat dengan semua kepala sekolah terkait persiapan sekolah tatap muka,” katanya.

Total jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan berdasarkan skenario ini menjadi 37,9 juta orang, atau 14,35 persen dari whole penduduk Indonesia. Center of Reform on Economics Indonesia menerangkan, anjloknya pertumbuhan ekonomi Indonesia serta penerapan restriksi sosial dan mobilitas di berbagai wilayah sebagai akibat pandemi Covid-19, menyebabkan peningkatan angka kemiskinan secara masif. Namun demikian, lanjut Ismat, pihaknya juga tengah mempersiapkan dan memperbolehkan sekolah untuk melakukan belajar tatap muka dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, belum merencanakan kapan pembelajaran tatap muka kembali akan dilakukan.

Karena itu saya tidak mau mengambil reesiko untuk anak-anak sekolah dan memaksakan mereka masuk sekolah dengan resiko terjangkit covid baru. Menurut Epidemiolog UGM, dr. Riris Andono Ahmad, MPH., Ph.D., dilakukan atau tidak kebijakan tersebut tetapi jika kemudian orang patuh terhadap aturan itu maka tentu akan efektif. Sebab, bagaimanapun risiko penularan covid-19 akan meningkat seiring dengan peningkatan mobilitas. Dalam Perda itu juga tidak dibolehkan melakukan kegiatan yang mengundang banyak orang. Jika melanggar, panitia atau penanggungjawab kegiatan akan didenda sebesar Rp500 ribu bahkan Rp15 juta atau kurungan selama satu bulan. Untuk skenario lebih berat, potensi pertambahan jumlah penduduk miskin di perkotaan mencapai enam juta, sementara di pedesaan 2,8 juta orang.

Tanpa kemampuan untuk mengakses internet dan alat maka BDR secara on-line tidak akan bekerja. Kualitas pendidikan dikhawatirkan akan menurun jika sistem BDR tidak dibenahi. Memecahkan masalah dari Pembelajaran Jarak Jauh akan membutuhkan kerjasama sistemik dari Pemerintah. Situs Bola Online Beberapa kelompok masyarakat juga secara swadaya memberikan fasilitas seperti wifi untuk siswa dapat belajar. Tapi di lain posisi mereka pun harus tetap memenuhi kebutuhan anak untuk belajar , karena tidak semua keluarga ada dalam keluarga kalangan atas atau keluarga berkecukupan.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus, agar Kabupaten Sukabumi bisa masuk ke zona kuning atau hijau. Dalam kesempatan yang sama, Pjs Bupati Sukabumi R Gani Muhamad menegaskan bahwa pemerintah dalam memutuskan hal ini tujuannya memberikan rasa nyaman bagi masyarakat ditengah pandemi covid-19. Kondisi hari ini, menurut Solihin baru 50 persen sekolah dibawa kendali Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi yang sudah memenuhi daftar sarana penunjang protokol kesehatan. “Sisahnya bukan berarti tidak ada, tapi kesesuaian jumlah siswa dan fasilitas. Karena masih di zona oranye kita tetap menggelar sekolah jarak jauh, baik daring maupun luring,” sambung Kadisdik Kabupaten Sukabumi. Di tengah kenaikan kasus positif Indonesia yang masih di angka 20%, hal ini membuat pertimbangan sekolah tatap muka harus sangat di pertimbangkan.

Sonny pun berharap sekolah juga memperhatikan soal edukasi protokol kesehatan kepada para murid. Tentunya, dengan dibiasakan, menurutnya anak akan lebih mudah untuk beradaptasi. Bagi kelompok masyarakat tidak mampu, jelas Rerie, kendala PJJ bukan sekadar tidak bisa beli pulsa, tetapi sarana gadgetnya pun tidak punya. Demikian pula siswa-siswi di kelas akhir yang terpaksa menghadapi proses belajar yang tidak normal.